lnformation Systems Are Developed to Support Organizational Levels and Areas
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
lnformation
Systems Are Developed to
Support Organizational Levels and Areas
Dosen Pengampu : Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA
Disusun oleh :
Cicha
Dwi Anjasmara 43116010235
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS – MANAJEMEN S1
UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKRTA
UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKRTA
2018
1.
ORGANISASI BISNIS
• Sistem informasi telah dikembangkan untuk mendukung semua
tingkat organisasi (Gambar 4.1)
• Pada tingkat strategis, sistem informasi eksekutif
digunakan oleh manajer puncak perusahaan
• Sebuah MIS dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi
para manajer di seluruh perusahaan
• Pada tingkat terendah, sistem level operasional dirancang
untuk memenuhi kebutuhan informasi sehari-hari perusahaan di area bisnis
tersebut
2.
OTOMASI KANTOR
• OA mencakup semua sistem elektronik formal
dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari
orang-orang di dalam dan di luar perusahaan
• Gambar 4.2 menunjukkan model aplikasi
komputer dan non komputer berbasis OA yang digunakan oleh perusahaan
• Inovasi dalam TI memungkinkan banyak
kegiatan perusahaan dilakukan independen dari lokasinya
• Ini disebut organisasi virtual, dan
berevolusi di luar otomatisasi kantor
Aplikasi
Otomatisasi Kantor
- Pengolahan Kata (word Processing).
Penggunaan
alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang
diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft
Word, Word Perfect, Open Office, dll
- Surat Elektronik (electronik
mail).
Penggunaan
jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan
menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
contoh:
yahoo mail, google mail , dll.
- Voice Mail.
Memerlukan
komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan
kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.
- Kalender Elektronik (electronik calendaring)
Penggunaan
jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer.
Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat
perubahan, meneelaah kalender itu dengan menggunakan terminal keyboard.
Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi manajer tingkat atas yang yang
memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.
- Konfrensi Audio
Penggunaan
peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara
orang-orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference
call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.
- Konfrensi Video
Penggunaan
peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar
secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.
- Konfrensi Komputer
Penggunaan
jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar
informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.
Transmisi
Faximile (facsimile transmission)
Penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi
dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi pada pemecahan
masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah masalah secara
mudah dan cepat.
- Videotex
Penggunaan
komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang tersimpan.
- Desktop Publishing
Penggunaan
komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya
sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas yang akan
dihasilkan oleh printer laser. bagaimana dengan Sistem Informasi di kantor
saudara implmentasi office Automation apa saja ? bagaimana Sistem Informasi di
kantor saya tentang implmentasi OA?
Sistem yang di kantor saya
Sistem yang di kantor saya
- Surat Elektronik (electronik
mail).
· Penggunaan
jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan
menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
Transmisi
Faximile (facsimile transmission)
Penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi
dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi pada pemecahan
masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah masalah secara
mudah dan cepat.
Internet dengan internet semakin pekerjaan yang di lakukan lebih gampang dan mudah serta pemanfaatnya lebih maju
Internet dengan internet semakin pekerjaan yang di lakukan lebih gampang dan mudah serta pemanfaatnya lebih maju
Pengolahan
Kata (word Processing).
Penggunaan
alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang
diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft
Word, Word Perfect, Open Office, dll
3.
Pergeseran dari Clerical to Manajerial Problem Solving
• Aplikasi OA pertama mendukung personil
kesekretariatan dan administrasi
• Ketika para manajer dan profesional
semakin melek komputer, mereka belajar menggunakan aplikasi komputer dalam
pemecahan masalah
• Mereka mulai menggunakan e-mail untuk
berkomunikasi, kalender elektronik untuk menjadwalkan pertemuan, konferensi
video untuk menghubungkan pemecah masalah di wilayah geografis yang luas, dan
sebagainya
• Aplikasi OA juga telah diperpanjang dengan
demikian teknologi seperti komputer genggam dan PDAs
Kantor Maya
Konsep
kantor maya (virtual office) ingin mewujudkan pekerjaan kantor dapat
dilakukan di lokasi mana saja selama tempat tersebut terhubung satu dengan
lainnya.
·
Telecommuting diperkenalkan karena sepertinya
merupakan satu cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana karyawan dapat
secara elektronik “pergi” ke tempat kerja. Keuntungan terbesar telecommuting
bagi karyawan adalah fleksibilitas yang diberikan dalam menjadwalkan
tugas-tugas pekerjaan sehingga tugas pribadi akan dapat diakomodasi.
Kerugiannya pertama, karena sifatnya terisolasi maka karyawan yang melakukan telecommuting
dapat merasa menjadi anggota organisasi yang kurang dianggap penting. Kedua,
kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan atau terganggu karirnya. Ketiga,
meningkatnya ketegangan keluarga karena batasan antara tanggungjawabrumah dan
kantor dapat dengan mudah menjadi kabur.
·
Hoteling adalah bahwa perusahaan menyediakan
suatu fasilitas terpusat yang dapat membagi bersama oleh karyawan jika terdapat
kebutuhan akan ruangan dan dukungan kantor. Konsep yang diberikanpun sama
dengan hotel harus melakukan reservasi terlebih dahulu saat akan menggunakan
fasilitas dengan sumber daya dukungan tertentu. Keuntuannya adalah pemanfaatan
sumber daya dan ruangan yang lebih efektif dan fokus yang lebih baik pada apa
yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor. Kekurangannya adalah anggapan
akan hilangnya “bonus” oleh para karyawan yang tidak lagi memiliki ruangan
kantor pribadi, hilangnya perasaan berada dalam suatu komunitas, dan potensi
berdampak negatif dengan budaya korporat.
Keberhasilan
kantor maya memicu para visioner untuk melihat bagaimana kantor maya dapat
diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan perusahaan sebuah organisasi maya.
·
Dampak Sosial Organisasi Maya
Mekipun kantor maya dan organisasi
maya terutama diidentifikasikan sebagai suatu strategi bisnis, konsep ini pada
akhirnya akan dapat memberikan pula dampak kepada masyarakat. Industri-industri
yang paling tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi maya adalah
industri yang memberikan nilai tambah dalam bentuk informasi, ide, dan
kecerdasan (intelligence). Kantor maya dan organisasi maya akan
menurunkan permintaan gedung-
gedung
pencakar langit dan ransportasi, menjadikan kota kita lebih tenang, lebih
lembut, dan menjadi tempat yang lebih menarik untuk dihuni.
Kantor Maya muncul karena perkembangan teknologi komputer yang
semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk
berpindah-pindah atau mobile sehingga pemanfaatan sarana telekomunikasi
khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi dan
jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprocessing (ATM,
e-commerce) tumbuh pesat. Hal-hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di
kota-kota besar mendorong tumbuhnya Kantor Maya, sehingga orang tidak lagi
harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat
dilakukan di manapun.
Adapun keuntungan dan kerugian dari kantor maya, yaitu :
Keuntungan :
1. pengurangan biaya fasilitas
2. pengurangan biaya peralatan
3. jaringan komunikasi formal
4. pengurangan penghentian kerja (PHK)
5. konstribusi sosial
1. pengurangan biaya fasilitas
2. pengurangan biaya peralatan
3. jaringan komunikasi formal
4. pengurangan penghentian kerja (PHK)
5. konstribusi sosial
Kerugian :
1. Rasa tidak memiliki
2. Takut kehilangan pekerjaan
3. Semangat kerja rendah
4. Ketegangan keluarga
1. Rasa tidak memiliki
2. Takut kehilangan pekerjaan
3. Semangat kerja rendah
4. Ketegangan keluarga
DAFTAR PUSTAKA
McLeod Raymond Jr, Schell
George P., 2004. “Management Information System”, 9th edition, By
Raymond McLeod, Jr. and George P. Schell © 2004, Prentice Hall, Inc. diakes pada 30 September 2018, jam
07.12.
Ali, hapzi, kiki, 2017. “Pengguna dan pengembangan sistem”, https://simkikihapzialipenggunasistem.blogspot.com/2017/03/pengguna-dan-pengembang-sistem.html, diakes pada 30 September 2018, jam 07.22.
McLeod Raymond Jr, Schell
George P., 2008. “management information system”, Jr, Raymond McLeod., George
P.Schell, Management Information System, Edisi 10, Pearson, Salemba
Empat, 2008. diakes pada
30 September 2018, jam 08.01.
Mutiara, 2017. “Bidang
aplikasi sistem”, http://muthiara086.blogspot.com/2017/03/quiz-4-jelaskan-bidang-aplikasi-sistem.html, diakes pada 30 September 2018, jam 08.35.
Komentar
Posting Komentar