lnformation Systems Are Developed to Support Organizational Levels and Areas




SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
lnformation Systems  Are Developed to Support Organizational  Levels and Areas
Dosen Pengampu : Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA








Disusun oleh :
Cicha Dwi Anjasmara                                    43116010235






FAKULTAS EKONOMI & BISNIS – MANAJEMEN S1
UNIVERSITAS 
MERCU BUANA JAKRTA
2018













1.      ORGANISASI BISNIS


• Sistem informasi telah dikembangkan untuk mendukung semua tingkat organisasi (Gambar 4.1)
• Pada tingkat strategis, sistem informasi eksekutif digunakan oleh manajer puncak perusahaan
• Sebuah MIS dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi para manajer di seluruh perusahaan
• Pada tingkat terendah, sistem level operasional dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi sehari-hari perusahaan di area bisnis tersebut

2.      OTOMASI KANTOR

• OA mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam dan di luar perusahaan
• Gambar 4.2 menunjukkan model aplikasi komputer dan non komputer berbasis OA yang digunakan oleh perusahaan
• Inovasi dalam TI memungkinkan banyak kegiatan perusahaan dilakukan independen dari lokasinya
• Ini disebut organisasi virtual, dan berevolusi di luar otomatisasi kantor
Aplikasi Otomatisasi Kantor
  • Pengolahan Kata (word Processing).
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft WordWord PerfectOpen Office, dll
  • Surat Elektronik (electronik mail).
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
contoh: yahoo mail, google mail , dll.
  • Voice Mail.
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.
  • Kalender Elektronik (electronik calendaring)
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.
  • Konfrensi Audio
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.
  • Konfrensi Video
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan video.
  • Konfrensi Komputer
Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.
Transmisi Faximile (facsimile transmission)
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah masalah secara mudah dan cepat.
  • Videotex
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang tersimpan.
  • Desktop Publishing
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser. bagaimana dengan Sistem Informasi di kantor saudara implmentasi office Automation apa saja ? bagaimana Sistem Informasi di kantor saya tentang implmentasi OA?
Sistem yang di kantor saya
  • Surat Elektronik (electronik mail).
·         Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
Transmisi Faximile (facsimile transmission)
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah masalah secara mudah dan cepat.
Internet dengan internet semakin pekerjaan yang di lakukan lebih gampang dan mudah serta pemanfaatnya lebih maju 
Pengolahan Kata (word Processing).
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
contoh: Microsoft WordWord PerfectOpen Office, dll


3.      Pergeseran dari Clerical to Manajerial Problem Solving

• Aplikasi OA pertama mendukung personil kesekretariatan dan administrasi
• Ketika para manajer dan profesional semakin melek komputer, mereka belajar menggunakan aplikasi komputer dalam pemecahan masalah
• Mereka mulai menggunakan e-mail untuk berkomunikasi, kalender elektronik untuk menjadwalkan pertemuan, konferensi video untuk menghubungkan pemecah masalah di wilayah geografis yang luas, dan sebagainya
• Aplikasi OA juga telah diperpanjang dengan demikian teknologi seperti komputer genggam dan PDAs


Kantor Maya
Konsep kantor maya (virtual office) ingin mewujudkan pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi mana saja selama tempat tersebut terhubung satu dengan lainnya.

·         Telecommuting diperkenalkan karena sepertinya merupakan satu cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana karyawan dapat secara elektronik “pergi” ke tempat kerja. Keuntungan terbesar telecommuting bagi karyawan adalah fleksibilitas yang diberikan dalam menjadwalkan tugas-tugas pekerjaan sehingga tugas pribadi akan dapat diakomodasi. Kerugiannya pertama, karena sifatnya terisolasi maka karyawan yang melakukan telecommuting dapat merasa menjadi anggota organisasi yang kurang dianggap penting. Kedua, kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan atau terganggu karirnya. Ketiga, meningkatnya ketegangan keluarga karena batasan antara tanggungjawabrumah dan kantor dapat dengan mudah menjadi kabur.

·         Hoteling adalah bahwa perusahaan menyediakan suatu fasilitas terpusat yang dapat membagi bersama oleh karyawan jika terdapat kebutuhan akan ruangan dan dukungan kantor. Konsep yang diberikanpun sama dengan hotel harus melakukan reservasi terlebih dahulu saat akan menggunakan fasilitas dengan sumber daya dukungan tertentu. Keuntuannya adalah pemanfaatan sumber daya dan ruangan yang lebih efektif dan fokus yang lebih baik pada apa yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor. Kekurangannya adalah anggapan akan hilangnya “bonus” oleh para karyawan yang tidak lagi memiliki ruangan kantor pribadi, hilangnya perasaan berada dalam suatu komunitas, dan potensi berdampak negatif dengan budaya korporat.

Keberhasilan kantor maya memicu para visioner untuk melihat bagaimana kantor maya dapat diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan perusahaan sebuah organisasi maya.

·         Dampak Sosial Organisasi Maya
Mekipun kantor maya dan organisasi maya terutama diidentifikasikan sebagai suatu strategi bisnis, konsep ini pada akhirnya akan dapat memberikan pula dampak kepada masyarakat. Industri-industri yang paling tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi maya adalah industri yang memberikan nilai tambah dalam bentuk informasi, ide, dan kecerdasan (intelligence). Kantor maya dan organisasi maya akan menurunkan permintaan gedung-


gedung pencakar langit dan ransportasi, menjadikan kota kita lebih tenang, lebih lembut, dan menjadi tempat yang lebih menarik untuk dihuni.
Kantor Maya muncul karena perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat dan ukurannya semakin kecil. Kecenderungan orang untuk berpindah-pindah atau mobile sehingga pemanfaatan sarana telekomunikasi khususnya telepon selular semakin diperlukan. Pemanfaatan sarana komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teleprocessing (ATM, e-commerce) tumbuh pesat. Hal-hal tadi didukung mahalnya sewa lahan di kota-kota besar mendorong tumbuhnya Kantor Maya, sehingga orang tidak lagi harus datang dan bekerja dalam kantor secara fisik, kegiatan kantor dapat dilakukan di manapun.

Adapun keuntungan dan kerugian dari kantor maya, yaitu :
Keuntungan :
1. pengurangan biaya fasilitas
2. pengurangan biaya peralatan
3. jaringan komunikasi formal
4. pengurangan penghentian kerja (PHK)
5. konstribusi sosial
Kerugian :
1. Rasa tidak memiliki
2. Takut kehilangan pekerjaan
3. Semangat kerja rendah
4. Ketegangan keluarga






DAFTAR PUSTAKA

McLeod Raymond Jr, Schell George P., 2004. “Management Information System”, 9th edition, By Raymond McLeod, Jr. and George P. Schell © 2004, Prentice Hall, Inc. diakes pada 30 September 2018, jam 07.12. 
Ali, hapzi, kiki, 2017. “Pengguna dan pengembangan sistem”, https://simkikihapzialipenggunasistem.blogspot.com/2017/03/pengguna-dan-pengembang-sistem.html, diakes pada 30 September 2018, jam 07.22.
McLeod Raymond Jr, Schell George P., 2008. “management information system”, Jr, Raymond McLeod., George P.Schell, Management Information System, Edisi 10, Pearson, Salemba Empat, 2008. diakes pada 30 September 2018, jam 08.01.

Mutiara, 2017. “Bidang aplikasi sistem”,  http://muthiara086.blogspot.com/2017/03/quiz-4-jelaskan-bidang-aplikasi-sistem.html, diakes pada 30 September 2018, jam 08.35.

Komentar

Postingan Populer